Informasi/Berita Terkait
  • Berita sebelumnya
    Selasa, 07 Jan 2014 10:39 WIB
    Pisang merupakan salah satu buah yang dipercayai mempunyai banyak manfaat. Bahkan kulit pisang yang biasanya banyak dibuang orang dapat tetap dimanfaatkan. Salah satunya adalah mahasiswa UNY membuat sampo dari bahan kulit pisang.
  • Berita terbaru
    Rabu, 15 Okt 2014 11:00 WIB
    Siapa hari ini yang tidak kenal dengan Facebook? Hampir semua orang di dunia tahu Facebook bahkan sebagian besar adalah pengguna aktif Facebook. Facebook sendiri dikenal sebagai salah satu raksasa di bidang sosial media.
Berita > Riset & Inovasi

Mahasiswa UNDIP kembangkan penjernih air dari jerami

Rabu, 08 Jan 2014 10:37 WIB | 1494 views
Jerami merupakan salah satu limbah dari hasil panen padi. Jerami sendiri dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, kerajinan tangan atau alas lantai. Mahasiswa UNDIP membuat sebuah terobosan baru yaitu memanfaatkan jerami sebagai penjernih air. Dia adalah Imam Pesuwaryanto, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Undip.

Imam mengembangkan penelitian bersama kawan-kawannya yaitu Rizki Januarita mahasiswa Teknik Lingkungan dan Nurmanita mahasiswa Kimia Murni. Hasilnya mulai ia susun dalam bentuk paper berjudul "Jenaka Pro 3 in 1, Jerami Nanokomposit Water Filter (Material Anti Jenuh, Modifikasi Konektor Keran & Total Dissolved Solid Digital Buatan) Studi Kasus Air Tanah Dangkal Kampus Universitas Diponegoro Menjadi Air Siap Minum".

Beberapa keunggulan hasil penelitian ini antara lain adalah material penjernihan air anti jenuh. Selain itu, alat ini mampu dipasang di semua jenis diameter keran seperti keran air mandi, air dispenser, dan air galon. Sistem ini juga dibuat menggunakan teknik Total Digital Solid Buatan.

Pemilihan jerami sebagai bahan filter karena mengandung senyawa karbon dan silica yang mampu dijadikan material penjernihan air seperti karbon aktif dan zeolit modifikasi silica. Setelah menjadi material penjernihan air seperti karbon aktif dan zeolit modifikasi silica, langkah selanjutnya adalah membuat karbon block nano arang aktif dan karbon block nano zeolit sebagai absorben logam berat, bau dan kekeruhan.

Semoga riset yang bermanfaat ini dapat terus diterapkan agar masyarakat dapat terus memperoleh manfaatnya.

Artikel Terkait

Facebook - Social Comment

Beri Komentar

Nama *):
Email *):
Silakan isi email dengan benar. Email anda tidak akan ditampilkan.
Website: http://  
Komentar *):
Kode Keamanan:
Ketik Kode Keamanan:
Advertising

Dana Penelitian

Copyright 2011-2014 | Tentang Kami | Disclaimer | Kontak Kami |